Wednesday, December 27, 2017

ISU MUTAKHIR SENI RUPA


ISU MUTAKHIR SENI RUPA
(KONSEP KEMUTAKHIRAN DAN ANALISIS KARYA SENI RUPA
YANG MEMILIKI NILAI MUTAKHIR)






OLEH :
SUKARDI







PENDIDIKAN SENI RUPA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR



A.    Konsep Kemutakhiran ( keterkinian atau kebaruan) dan ciri-irinya serta hubungannya dengan Visual Art ( Kesenirupaan)!

PEMBAHASAN :
a.       Defenisi mutakhir dan kemutakhiran
            Arti kata ‘Mutakhir’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti terakhir; terbaru; modern.
Adapun kata ‘kini’ yang berarti “pada waktu ini; sekarang ini” dan kekinian berarti” keadaan kini atau sekarang”
Sedangkan kata’ baru’ berarti” belum pernah ada sebelumnya” dan kebaruan berarti “perihal baru; sesuatu yang baru”.
Dari beberapa arti kata diatas dapat simpulkan bahwa ketiga kosa tersebut memiliki makna yang sama.
Kemutakhiran memiliki 1 arti. Kemutakhiran berasal dari kata dasar mutakhir. Kemutakhiran memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kemutakhiran dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.
Kemutakhiran berkaitan dengan dimensi waktu. Seperti diketahui, ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat dan sebuah teori bisa efektif dalam suatu waktu, maka dapat dianggap tidak efektif lagi di masa sekarang. Oleh karena itu, teori-teori yang dipergunakan hendaknya harus mencakup perkembangan terbaru di bidangnya.
Kemutakhiran salah satu hal yang paling penting dalam penilaian bahan rujukan yang digunakan sebagai sumber dalam pelayanan kesiagaan informasi atau dikenal dengan “ready reference”
Kemutakhiran juga merupakan sumber-sumber dari pustaka yang terbaru untuk menghindari teori-teori atau bahasan yang sudah kadaluwarsa.
Dari Analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kemutakhiran adalah segala sesuatu dan sumber-sumber baik itu kebudayaan seseorang, tempat, dan benda yang telah diperbaharui dan merupakan hal terakhir atau terbaru yang sedang populer dan diminati banyak orang.

a.       Kemutakhiran Seni Rupa/Seni visual (Visual Art)
visual art adalah Cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
            Contoh seni visual antara lain sebagai berikut :
a. Seni dua dimensi yang meliputi garis, cahaya, warna, bentuk, dan gerak. Misalnya, seni lukis, seni grafis, dan sinematografi.
b. Seni tiga dimensi yang meliputi ruang dan wujud yang bisa dicoba. Misalnya, seni patung, arsitektur, seni tari, dan pantomim.
Kemutakhiran dalam seni visual (Visual Art) berarti bahwa karya seni visual baik itu yang berwujud 2 dimensi ataupun 3 dimensi yang telah diperbaharui serta merupakan hal populer yang sedang diminati atau difavoritkan sekarang. Kemutakhiran dalam seni visual menjadi sebab adanya perubahan pada komponen-komponen Seni Visual itu sendiri.Seperti adanya perubahan bentuk garis,bentuk,ruang dan variasi warna serta gerak yang sengaja dibuat untuk bisa mengikuti tren masyarakat dalam arus globalisasi.
Adapun bentuk contoh kemutakhiran terhadap seni visual  adalah sebagai berikut:
a.       Kemutakhiran seni lukis. Perkembangan seni lukis dari masa ke masa terus mengalami pembaharuan. Dahulu yang mungkin hanya diketahui beberapa jenis aliran sekarang bertambah sesuai dengan arus zaman.
Globanisasi telah menjadi sebab utama munculnya kemutakhiran seni rupa. Unsur-unsur seni rupa yang merupakan pembangun pada seni lukis telah mengalami modifikasi dan dapat menjadi daya tarik sehingga menjadi populer dan akhirnya menjadi kemutakhiran seni lukis.
Kemutakhiran Seni Grafis. Seni grafis belakangan ini telah mengalami perkembangan yang cukup maju. Dulunya yang hanya dikenal teknik grafis yang sederhana sekarang telah muncul berbagai teknologi grafis  a.       yang terkini dan sangat efisien. Selain itu, seni grafis saat sekarang ini sangat dingandrungi selain karena tingkat kualitas yang bagus membutuhkan waktu yang sedikit serta biaya yang terjangkau.
Dalam hal ini seni grafispun mengalami kemutakhiran dalam segi bentuk,penerapan dan fungsi.

A.    Analisis Contoh Karya Seni Visual yang Memiliki Nilai-Nilai Kemutakhiran!

PEMBAHASAN :


            Berikut adalah karya seni visual yang menurut saya mengandung nilai-nilai kemutakhiran :



            
Lukisan diatas merupakan karya dari seniman lokal bernama Beatrix Hendriani yang berjudul” Not today not today”. Dia merupakan Alumni dari Institut Teknologi Bandung yang sering kali melakukan pameran termasuk pameran tunggal. Karyanya di atas dipamerkan pada acara pergelaran Yogya Annual Art #2 yang digelar selama sebulan penuh, 15 Mei-15 Juni 2017.
            Dengan menganalisis karya diatas, saya dapat menyatakan bahwa terdapat beberapa hal pokok yang membuat karya diatas merupakan salah satu karya yang memiliki nilai mutakhir.
            Pertama, dapat dilihat dari objeknya bahwa terdapat dua objek yang berbeda pada lukisan tersebut, yakni objek pertama hanya berupa kesan garis-garis lengkung yang membentuk objek tertentu tampak seperti orang yang sedang menikmati hiburan di kolam renang ataupun pantai namun dengan kesan yang samar. Objek kedua nampak seperti lukisan beberapa elang yang berwujud realis sedang ditempatkan di bagian belakang dan hampir memenuhi background lukisan. Penggabungan dua objek yang berbeda semacam ini merupakan sesuatu yang terbaru menurut saya dan terlihat keren.
            Kedua, kesan yang ditimbulkan oleh objek warna-warni terlihat seperti lampu neon. Kita tahu bahwa lampu neon sekarang ini telah menjadi primadona oleh club-club motor dalam menghias motornya agar tampak lebih menarik,sepertinya sipelukis menyadari hal ini dan menerapkan pada lukisannya.
            Ketiga, Objek yang dihasilkan oleh garis-garis berbentuk cahaya lampu neon, membentuk objek seperti seseorang yang berwisata di taman air dimana terdapat berbagai fasilitas air seperti bebek-bebek dan balon air dimana menunjukkan kondisi terkini ketika orang berwisata di kolam renang maupun pantai. Selain itu bentuk fasilitas yang digunakan bermain di air semakin terbaru dari pada fasilitas-fasilitas sebelumnya.Sehingga bisa disimpulkan bahwa ini adalah salah satu karya yang mutakhir.

Demikianlah beberapa ulasan dari saya tentang Kemutakhiran pada karya Seni visual (VISUAL ART)

Referensi :

No comments:

Post a Comment

Desain Sistem Intruksional (System Intructional Design)

PENELITIAN DAN PENGEMBANAGAN (MENGURAIKAN DESAIN SISTEM INTRUKSIONAL MENURUT SEORANG AHLI DENGAN KALIMAT SENDIRI ) OLEH : SUKARD...